Selasa, 17 Maret 2015

UTS XI

LEMBAR SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Soa-Soal:
1.     Apa yang dimaksud dengan teks ekplanasi serta sebutkan dan jelaskan strukturnya!
     2.  Cermatilah kedua teks di bawah ini!
Teks 1
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.
Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim.
Teks 2
Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini, seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah mengapa penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

2.     Menurut kalian, teks manakah yang termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi dan teks eksposisi? Berikan alasan yang kuat dan jelas!
3.     Identifikasilah struktur teks eksplanasi pada teks di atas!
4.     Buatlah teks eksplanasi dari masalah banjir yang terjadi di Indramayu akhir-akhir ini!
5.     Ubahlah 2 teks di bawah ini menjadi:
I. Teks Berita  dan                 
II. Teks Eksplanasi


HUJAN ES
I.
Hujan es disertai puting beliung berasal dari jenis awan bersel tunggal berlapis-lapis (CB) dekat dengan permukaan bumi, dapat juga berasal dari multi sel awan, dan pertumbuhannya secara vertikal dengan luasan area horizontalnya sekitar 3 – 5 km dan kejadiannya singkat berkisar antara 3 - 5 menit atau bisa juga 10 menit. Awan yg mengandung uap air tertiup angin ketempat yg dingin, mencapai dew point / titik embun, lalu mengembun, dan karena beratnya, kemudian jatuh sebagai hujan. Saat telah mengembun itu, sudah jadi air, lalu tertiup oleh angin thermis yg naik, keketinggian dgn temperatur dibawah freezing point, embun tersebut lalu akan membeku menjadi es, dan akan jatuh kebawah. Oleh sebab itu hujan es jarang terjadi di daerah tropis seperti di Indonesia, sebab, angin thermis yg bertiup naik vertikal, adanya terutama didaerah tropis, dan subtropis (Filipina).
II.
(1)  Secara resmi, bahasa Indonesia dikumandangkan dalam peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 oktober 1928. Peresmian nama bahasa Indonesia bermakna politis sebab bahasa Indonesia dijadikan sebagai alat perjuangan oleh kaum nasionalis (yang sekaligus bertindak sebagai perencana bahasa) untuk mencapai negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
(2)  Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunkan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hamper di seluruh Asi Tenggara.
(3)  Bukti – bukti sejarah seperti prasasti Kedukan Bukit di Palembang bertahun 684, prasasti Kota Kapur di Bangka Barat bertahun 686, serta prasasti Karang Brahi yang ada di antara Jambi dan Sungai Musi bertahun 686, yang bertuliskan Prae – Nagari dan berbahasa Melayu Kuno, memperkuat dugaan di atas.
(4)  Bahasa Melayu sebagai salah satu bahasa di kepulauan Nusantara sudah sejak lama digunakan sebagai bahasa perhubungan. Sejak abad ke – 7 Masehi, bahasa Melayu atau lebih tepatnya disebut bahasa Melayu Kuno yang menjadi cikal bakalnya telah digunakan sebagai bahasa perhubungan pada zaman kerajaan Sriwijaya.


Tidak ada komentar: